Isra' Mi'raj 2014


Hari ini adalah peringatan Isra' Mi'raj di tanggal 27 Mei 2014, atau tanggal 27 Rajab 1435 H. Sebuah peringatan yang mengingatkan kita akan pentingnya peristiwa Isra' dan Mi'raj. Yaitu sebuah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah menunaikan shalat lima waktu dalam sehari semalam, dari Allah SWT.Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat, sebagai bentuk pengabdian luhur dan komunikasi dengan Allah SWT.


Perjalanan Isra' dan Mi'raj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah perjalanan satu malam. Beberapa gambaran kejadian ini dapat kita lihat dalam Al-Quran Surat ke-17 yaitu Surat Al-Isra. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra' Mi'raj terjadi pada tahun pertama sebelum Hijrah, yaitu antara 620-621 M. Dan yang paling populer, menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra' Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian.

Pada dasarnya, peristiwa Isra' dan Mi'raj merupakan kedua peristiwa yang berbeda. Isra' adalah perjalanan diberangkatkannya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dan Mi'raj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad SAW ke langit hingga ke Sidratul Muntaha. Sidratul Muntaha adalah langit tertinggi. Di sini, Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat yang lima waktu.

Bagi umat islam, peristiwa Isra' Mi'raj merupakan peristiwa yang berharga. Terutama hikmah yang kita dapat, yaitu shalat yang lima waktu dalam sehari semalam. "setetes hikmah dari sebuah perjalanan yang agung
Previous
Next Post »
Thanks for your comment